Security


          Keamanan komputer  adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
Menurut Garfinkel dan Spafford, ahli dalam computer security, komputer dikatakan aman jika bisa diandalkan dan perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Keamanan komputer memiliki 5 tujuan, yaitu:

1.     Availability
2.     Confidentiality
3.     Data Integrity
4.     Control
5.     Audit
Disini saya akan coba mencontohkan masalah Data Integrity
Data Integrity itu sendiri adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.
Nah di sini saya akan coba bahas tentang bagai mana cara proteksin dokumen Microssof Word.
1.      Siapkan dan buka dokumen yang akan kita proteksi lalu klik Office Button sebelah kiri atas kemudin pilih save as

 

2.      Kemudian pada menu Save as Klik Tools dan pilih General Option


3.      Kemudian isikan Password untuk membuka pada kolom Password to Open


4.      Kemudian Klik OK dan akan di suruh memasukan lagi password yang tadi sudah kita masukan dan klik ok



 

5.      Setelah itu muncul informasi bahwa file kita sudah di enkripsi klik yes

 






6.      Selesailah proses proteksi file kita coba buka kembali file yang sudah kita proteksi tadi kalau muncul seperti gambar di bawah ini berarti kita berhasil


0 komentar:

Posting Komentar